Responsive Banner design

Pakan Alternatif Untuk Lele Pembenihan

dalam budidaya pembenihan lele adalah budidaya mulai dari lele umur 0 hari sampai lele layak jual untuk ukuran bibit pembesaran lele.
yakni pada usia 1bulan + baru bisa dijual kepada para pembudidaya pembesaran lele.

sebenarnya budidaya pembenihan ini bisa dikatan mudah, juga bisa dikatakan cukup sulit dan rumit.
namun hal ini bila benar kita tekuni, pelajari dan dalami lalu kita praktekkan, seiring dengan pengalaman yang kita dapat selama proses pembenihan, maka hal tersebut adalah menjadi mudah.

lalu apa masalahnya???
jawabannya adalah karena kita belum cukup pengetahuan akan ilmu budidaya pembenihan tersebut.
maka jawabannya adalah belajar lebih banyak lagi,, tanya tanya dan praktek langsung.
sehingga akhir kita dapat paham betul akan ilmu didalamnya.

sangat sederhana ternyata.

dam budidaya pembenihan, biasanya masa tersulit kebanyakan yang dihadapi para pembenih adalah ketika telur lele telah menetas dan menjadi larva lele pada umur 3 hari - (sampai umur 10 hari) katakanlah pada 2 minggu pertama.
kenapa dibilang paling sulit?

karena larva pada umur 0hari - 2/3 hari larva masih punya cadangan makanan dalam perut semenjak ia menetas. lalu pada hari ketiga dan seterusnya cadangan itu akan berangsur angsur habis diolah dalam metabolisme larva lele.
ketika telah habis, tentu larva lele butuh asupan makanan dari luar. sehingga peru diberi makan agar tetap hidup dan berkembang.

biasanya para pembudidaya pembenihan mulai pada umur tersebut diberikan makan berupa cacing sutera (karena cacing sutera kecil ukurannya sehingga dapat dengan mudah dimakan) mengingat ukuran mulut larva masih amat kecil.
namun kendalanya biasanya adalah sulit mendapatkan cacing sutera dan harga cacing sutera cukup lumayan. sehingga jika dibutuhkan dalam jumlah banyak dan terus menerus akan cukup memakan biaya dan merogoh kocek.

namun bagi pembudidaya yg ingin larva tetap hidup dan berkembang maka hal tersebut tetap dilakukan  tidak mempermasalahkan hal tersebut asal pembenihan dapat berhasil, semua itu akan terbayarkan.

demikian.
salam budidaya


0 comments:

Post a Comment

Copy Right ; 2015, by. Capung Lele Farms (Jepara - Jawa Tengah).. Powered by Blogger.

analityc