Responsive Banner design
Home » , » Penetasan Telur Lele sangkuriang

Penetasan Telur Lele sangkuriang

Telur ikan lele setelah selesai kawin/ dibuahi selanjutnya akan menetas menjadi larva lele.
yang sebelumnya telah kita bahas tentang cara pemijahan lele sangkuriang (yang pada dasarnya semua jenis lele bisa dipijahkan) secara alami.

telur lele yang telah keluar akan berwarna bening kehitaman dan ada juga yang berwarna putih susu.
telur yang berwarna agak benig dan kehitaman itulah telur yang berhasil dibuahi dan nanti yang akan menetas, sebaliknya yang berwarna putih susu adalah yang gagal pembuahan dan artinya tidak bisa menetas menjadi larva lele.

biasanya dalam satu kali perkawinan lele seekor indukan mampu menelurkan telur antara 20.000 - 70.000 ekor telur. tergatung pada tingkat kesuburan indukan dan besar kecilnya indukan juga mempengaruhi. termasuk asupan makanan sebelum dipijahkan juga turut berpengaruh.

setelah telur keluar, biasanya sekitar 18 jam - 24 jam telur akan menetas. percepatan menetas juga dipengaruhi oleh suhu air dalam kolam. semakin tinggi suhu kolam telum akan lebih cepat menetas, demikian sebaliknya.

namun sebaiknya buatlah suhu kolam standart dan menjaga kesetabilannya. jangan biarkan suhu naik turun baik itu pengaruh pergantian siang - malam maupun cuaca atau lingkungan.
karena hal ini akan mempengaruhi perkembangan telur setelah menetas menjadi larva lele.
upayakan suhu tetap stabil.

seteleh 1 x 24jam semua telur sudah menetas dan berubah menjadi larva lele yang berwarna kehijauan.
larva lele dapat bertahan tanpa diberikan makanan tambahan sekitar 1 - 3 hari.
namun sebaiknya sudah diberikan makan tambahan pada hari kedua.

makanan yang paling baik dan banyak dipakai adalah dengan memberikan cacing sutera.
selain cacing sutera dapat dimakan oleh larva lele, cacing - canig tersebut juga dapat menjaga keseimbangan kolam. telur - telur yang tidak berhasil dibuahi yang berwarna putih akan menjadi jamur yang berbahaya bagi kehidupan larva lele. dengan adanya cacing sutera yang kita tebar didalam kolam, jamur  jamur tersebuat dimakan habis oleh cacing - cacing sutera tersebut. sehingga kehadiran makanan tersebut dapat memberikan manfaat lebih.
cara memilih indukan lele untuk dikawinkan baca disini

Demikian sekilas tentang penetasan telur lele.
semoga bermanfaat.

Salam Budidaya.

1 comments:

  1. Home-Made Dinosaurs And ford Fusion Titanium For Sale
    Dinosaurs And ford Fusion Titanium is a high-quality aluminum joico titanium oxide oxide shell made with platinum plating. In addition is titanium a metal to the titanium i phone case metal, this alloy titanium white dominus is titanium band rings

    ReplyDelete

Copy Right ; 2015, by. Capung Lele Farms (Jepara - Jawa Tengah).. Powered by Blogger.

analityc